Cara Efektif Mengatasi Mual Saat Hamil Muda



Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi mual saat hamil muda yang terkadang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, rasa mual yang terjadi di pagi hari ini sering juga disebut dengan istilah morning sickness. Akan tetapi pada beberapa kasus, rasa mual ini tidak terjadi hanya di pagi hari saja. Tetapi terkadang pada beberapa ibu hamil rasa mual ini akan terjadi sepanjang hari. Kalau sudah begitu, repot juga, bukan? 

Lalu apa sebenarnya penyebab dari morning sickness ini? Morning sickness atau rasa mual yang biasanya dirasakan oleh para ibu hamil muda ini sebenarnya terjadi karena peningkatan hormon ketika seorang wanita sedang hamil. 

Nah, hormon progesteron dan estrogen ini akan mempengaruhi beberapa fungsi organ tubuh. Bahkan ada fakta yang membuktikan bahwa rasa mual ini akan dialami oleh 70 persen wanita hamil, sedangkan untuk kondisi mual yang disertai muntah biasanya dialami oleh sekitar 50 persen wanita hamil. Kondisi tersebut tentu akan cukup mengganggu aktivitas wanita hamil sehari-hari. Maka dari itu, tak ada salahnya jika Anda belajar dan mengetahui cara menghilangkan mual saat hamil muda.

Berbahayakah Gejala Mual Saat Hamil Muda?

Peristiwa mual dan terkadang disertai muntah ini biasanya dialami oleh ibu hamil ketika usia kehamilannya memasuki minggu keenam atau sebelumya. Dan puncaknya biasanya akan terjadi pada minggu kedelapan hingga kesembilan usia kehamilan. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah gejala kehamilan morning sickness ini berbahaya atau tidak? 

Nah, sebelum membahas tentang bagiamana cara mengatasi mual saat hamil muda, sebaiknya Anda juga mengetahui tentang bagaimana dampak morning sickness ini untuk ibu yang sedang hamil muda. Penjelasannya sebenarnya cukup sederhana, karena kondisi ini cukup wajar dialami oleh para waita hamil. Perubahan hormon saat seorang wanita sedang hamil memang bisa terjadi kapan saja dan saat wanita sedang melakukan hal apapun. Maka dari itu gejala ini sama sekali tidak bisa diprediksikan. Bisa terjadi di pagi hari saat bangun tidur, ketika sedang sarapan, ketika berada di kantor, ketika berada di tempat umum, dan sebagainya. Hal inilah yang kemudian cukup mengganggu aktivitas sehari-hari seorang ibu hamil.

Akan tetapi jika Anda masih bisa mengatasi gejala morning sickness ini, bisa dipastikan bahwa salah satu gejala kehamilan ini tidak akan berbahaya untuk Anda dan kandungan Anda. Akan tetapi jika kondisinya ternyata cukup parah dan mengganggu, bisa saja rasa mual dan muntah ini diakibatkan oleh masalah kesehatan lainnya. Adanya sindrom hipremesis gravidarium juga bisa menjadi salah satu pemicu rasa mual yang disertai muntah pada ibu hamil. Jika gejalanya sudah semakin parah dan tidak terkendali, Anda akan mengalami kesulitan untuk menerima makanan masuk ke dalam perut. Dan saat minum air putih Anda juga akan merasa mual. 

Hal tersebutlah yang akan membuat para ibu hamil biasanya mengalami dehidrasi. Lalu bagaimana cara mengatasi mual saat hamil muda? Simak penjelasannya berikut ini

Beberapa Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Trimester Pertama

Untuk mengatasi kondisi morning sickness ini, ada beberapa cara sederhaa dan alami yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil. Diantaranya adalah dengan melakukan beberapa aktivitas sederhana dan juga dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan pencegah mual saat hamil. Hal ini dikarenakan ketika hamil, seorang ibu pasti membutuhkan asupan nutrisi yang tercukupi setiap harinya. Pasalnya bukan hanya untuk sang ibu saja, akan tetapi janin yang ada di dalam kandungannya pun pasti membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Namun yang terkadang menjadi kendala adalah saat seorang wanita hamil ternyata mual dan muntah ketika melihat makanan. Padahal seharusnya wanita hamil mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Seperti yang tadi sudah dibahas, bahwa rasa mual atau yang sering disebut dengan morning sickess ini memag wajar dialami oleh para ibu hamil. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa kondisi tersebut cukup mengganggu. Nah, berikut ini adalah beberapa cra mengatasi mual saat hamil muda supaya aktivitas sehari-hari Anda para ibu hamil tidak terganggu lagi.

Melakukan Gerakan Olahraga Ringan

Untuk tetap menjaga kebugaran tubuh, seorang ibu hamil disarankan untuk tetap melakukan olahraga. Akan tetapi tentunya Anda disarankan untuk melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan saja. Misalnya dengan berjalan-jalan di pagi hari, sore hari, melakukan senam sederhana di rumah, dan sebagainya. Aktivitas ringan tersebut ternyata cukup memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh sang ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Anda juga bisa mengurangi rasa mual yang biasa Anda rasakan di pagi hari. Maka dari itu selama kehamilan Anda bisa melakukan olahraga secara rutin setiap minggunya.

Konsumsi Buah-Buahan Segar

Bagi Anda yang suka makan camilan, gantilah makanan-makanan kecil tersebut dengan camilan yang lebih sehat. Salah satunya adalah buah-buahan, karena makanan alami ini menjadi salah satu jenis makanan pencegah mual saat hamil. Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis buah yang Anda suka. Terutama adalah jenis buah-buahan yang mengandung antioksidan dan berbagai vitamin. Mengonsumsi buah-buahan cukup efektif sebagai cara menghilangkan mual saat hamil muda. Aka tetapi, Anda perlu mengingat bahwa ada beberapa buah seperti nanas, pepaya, durian, dan beberapa jenis buah lainnya yang tidak disarankan untuk dikonsumsi para ibu hamil.

Mengonsumsi Jahe

Cara mengatasi mual saat hamil muda yang berikutnya adalah dengan mengonsumsi jahe. Bukan dengan cara makan jahe secara mentah-mentah, ya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa jahe adalah salah satu jenis ramuan tradisional yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Dan ternyata, jahe ini juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan rasa mual yang biasa terjadi saat hamil muda. Caranya adalah dengan mencampurkan jahe ke dalam segelas teh hangat. Atau Anda juga bisa mencari wedang jahe alami yang biasanya dijual di berbagai tempat. Hindari juga konsumsi minuman jahe instan yang dijual di pasaran karena berbagai jenis makanan instan kurang baik dampaknya untuk ibu hamil.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai bagaimana penyebab terjadinya kondisi mual atau morning sickness pada ibu hamil muda. Selain itu kami juga sudah menjelaskan tentang bagaimana cara mengatasi mual saat hamil muda. Tidak sulit, bukan? Akan tetapi jika Anda merasakan bahwa morning sickness yang Anda rasakan sudah sangat mengganggu aktivitas dan semakin parah. Tidak ada salahnya jika Anda memeriksakan kesehatan Anda ke dokter kandungan. Barangkali saja memang Anda sedang mengalami gangguan kesehatan yang mengakibatkan rasa mual dan muntah yang tak henti-henti.


Semoga bermanfaat. Selamat mencoba...

SUKA ARTIKEL INI? YUK BAGIKAN!

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

Tidak ada komentar :

Leave a Reply

Scroll to top