Daftar Makanan Untuk Penderita Diabetes / Kencing Manis

Daftar Makanan Untuk Penderita Diabetes / Kencing Manis



Seorang diabetes yang dipikrkan pertama kali adalah mencari menu makanan yang tepat dan benar. Jika anda bingung untuk menentukan menu makanan yang tepat bagi mereka. Bahkan tidak jarang, penderita diabetes justru melakukan kekeliruan dalam memilih menu makan. 




Diet untuk para penderita diabetes sesungguhnya bertujuan untuk membantu para penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula dan berat badan ideal dengan pemilihan menu sehat dan tepat.


Diet bagi para penderita diabetes adalah fokus pada menjaga pola makan dan beberapa tambahan masukan insulin yang dibutuhkan. Pengaturan jam makan setiap harinya pun harus turut dipertimbangkan guna menghindari naik – turunnya gula darah dalam tubuh, dan mempertahankannya dalam keadaan senormal mungkin.

Makanan Sehat Untuk Diabetes atau Kencing Manis. Menu makanan yang sangat disarankan bagi para penderita diabetes adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. 

Di dalam tubuh karbohidrat kompleks akan diubah menjadi gula sebagai sumber energi, meskipun nantinya karbohidrat kompleks ini akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh namun penyerapan karbohidrat kompleks ini lebih lama dibandingkan karbohidrat sederhana.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain adalah beras merah, tepung whole wheat, sereal dengan gula rendah, kentang panggang, roti gandum utuh, roti whole grain, dan kacang – kacangan yang dikeringkan. Penderita diabetes tidak disarankan untuk mengkonsumsi roti putih, tepung putih, kentang goreng dan beras putih.

Selain makanan di atas, sayuran dan buah – buahan juga disarankan untuk penderita diabetes. Namun tidak semua sayuran dapat dikonsumsi oleh penderit diabetes, seperti acar, asinan, sayuran kaleng yang ditambah banyak sodium, sayuran yang dicampur mentega, saus atau keju.

Sayuran yang sebiknya dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah sayuran segar, baik dikonsumsi secara mentah ataupun dibungkus. Sayuran beku dapat dipanaskan terlebih dahulu.


Cukup sederhana bukan? 
Sekian ulasan mengenai Daftar Makanan Untuk Penderita Diabetes yang bisa kami sampaikan untuk anda, semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.

SUKA ARTIKEL INI? YUK BAGIKAN!

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

Tidak ada komentar :

Leave a Reply

Scroll to top