Cara Menjaga Kesehatan Kandungan Selama Masa Kehamilan

Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan

Herbaloka - Masa kehamilan adalah masa dimana seorang ibu sangat riskan mengalami gangguan kesehatan dan tentunya ini akan berefek langsung kepada sang jabang bayi. Ya, pastinya banyak hal yang perlu dihindari dan dilakukan. 

Namun ironisnya, masih banyak kaum ibu yang belum mengetahui bagaimana merawat kondisi badan saat masa kehamilan berlangsung. Nah, untuk itu diperlukan perhatian lebih terutama mom yang baru pertama kali melahirkan dan menginginkan semuanya berjalan lancar.

Lalu bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandungan Selama Masa Kehamilan? berikut ulasannya.

1. Lakukan Pemeriksaan


Sebelum hamil, ada baiknya untuk Anda melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa Anda cukup sehat untuk menjalani kehamilan.

Untuk tahap awal pemeriksaan, Anda akan menjalani sejumlah tes dan pemeriksaan seperti tes Pap smear, STD dan tes skrining, tes darah, tes tiroid dan tes untuk AIDS yang akan dilakukan bersama dengan pemeriksaan berat badan, payudara dan pemeriksaan perut.

Jika Anda khawatir mengenai ovulasi atau apapun yang ada kaitannya dengan kesehatan Anda, Anda dapat diberikan resep atau melakukan pembersihan. Pemriksaan awal ini juga membantu untuk memahami sejarah kesehatan Anda.

2. Perbanyak Mengonsumsi Asam Folat


Mengonsumsi pil asam folat  atau makanan yang kaya akan  asam folat dapat menurunkan kemungkinan beberapa hal misalnya cacat lahir  seperti spina bifida. Mengonsumsi 400 mcg asam folat harian umumnya akan direkomendasikan oleh dokter yang setidaknya harus dikonsumsi dalam satu bulan sebelum Anda hamil dan selama trimester pertama Anda.

Akan lebih baik untuk mendapatkan tablet asam folat sesuai dengan saran dokter Anda. Vitamin A juga penting untuk tubuh sebelum memasuki masa hamil.

Jadi, jika Anda mengkonsumsi multivitamin, pastikan bahwa Anda memeriksa label kandungan sebelum mengkonsumsi pil tersebut. Perlu diingat juga, kelebihan mengkonsumsi vitamin A mungkin berbahaya bagi Anda dan janin.

3. Hilangkan Kebiasaan Tidak Sehat


Sekarang adalah saat yang tepat untuk berhenti melakukan hal yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, minum dan  mengonsumsi obat-obatan tanpa berkonsultasi dengan dokter kandungan. Hal ini dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan berat  badan bayi yang tidak normal saat lahir. Mengonsumsi alkohol juga dapat mengakibatkan sejumlah masalah termasuk lahir cacat.
Jika Anda merasa sulit untuk menghentikan kebiasaan yang tidak sehat, berbicara dan lakukan konsultasi dengan dokter Anda untuk meminta beberapa bantuan.

4. Lakukan Pola Makan yang Sehat


Ingat, ketika Anda hamil, bayi Anda juga mengambil nutrisi makanan dari tubuh Anda. Jadi, penting untuk Anda mengonsumsi makanan yang sehat selama masa kehamilan untuk mendapatkan nutrisi yang sehat.
Dari buah-buahan organik yang segar, sayuran, makanan yang kaya kalsium seperti susu dan yogurt, bersama dengan kacang-kacangan dan daging, Anda dapat mengkonsumsi semua makan bergizi tersebut bahkan sebelum menjalani proses kehamilan.

5. Gerakkan Tubuh Anda


Anda harus memiliki tubuh yang sehat sebelum menjalani masa kehamilan. Jadi, cara terbaik untuk itu adalah dengan melakukan olahraga ringan yang setidaknya dapat menggerakkan tubuh Anda.

Sekitar 30 menit atau lebih olahraga ringan dapat dilakukan seperti berjalan, bersepeda atau berenang yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan Anda. Selain hal tersebut, sebelum memasuki masa kehamilan, fitness juga dapat membantu untuk menghilangkan stres yang bisa merepotkan Anda ketika Anda telah siap untuk menjalani kehamilan.
**

Sekian ulasan mengenai Cara Menjaga Kesehatan Kandungan Selama Masa Kehamilan yang bisa kami sampaikan. Semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.

(foto: Aldo Murillo / Istock
referensi : teruskan

SUKA ARTIKEL INI? YUK BAGIKAN!

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

Tidak ada komentar :

Leave a Reply

Scroll to top