Cara Ampuh Mengatasi Sembelit Pada Wanita dan Pria

herbaloka - Sembelit adalah suatu masalah pada usus yang dikarenakan adanya kotoran yang keras dan besar dan susah untuk dikeluarkan. Susah buang air besar atau susah BAB ini terjadi karena kekurangan cairan, kerap menunda buang air besar, jarang olah raga, dan pola makan tidak teratur.



Perlu diketahui, sembelit yang sudah terlanjur parah dapat menyebabkan kanker usus yang dapat berakibat fatal bagi para penderitanya. Oleh karena itu, segeralah obati sembelit sebelum terlanjur parah.

Berbagai macam cara untuk mengatasi sembelit, ada yang alami seperti mengubah pola hidup, denganpengobatan tradisional, dan dengan cara modern dengan cara mengkonsumsi obat biotik yang sudah banyak tersebar di apotik atau rumah sakit sesuai resep dokter.

Berikut, Cara Ampuh Mengatasi Sembelit Pada Wanita dan Pria :

#Atur Pola Makan

Makan dengan pola teratur akan dapat mencegah terjadinya sembelit. Sebaliknya, jika pola makan anda tidak teratur bisa-bisa berakibat buruk bagi usus anda dan ujungnya akan mendatangkan sembelit.

#Konsumsi Buah dan Sayur

Sembelit dapat diatasi dengan menkonsumsi banyak makanan berserat yang banyak terkandung dalam buah dan sayur. Buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sembelit adalah jeruk, pisang, apel, pir, dan lainnya. Untuk sayur, lebih baik mengkonsumsi sayur sepertibayam, kangkung, brokoli, dan lain-lain.

#Perbanyak Minum Air Putih

Sebagian besar tubuh manusia adalah berisi air. Maka dari itu air sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. Untuk anda yang sedang sembelit, anda harus meminun setidaknya 8 gelas atau 2 liter perharinya untuk mengencerkan kotoran agar mudah untuk dikeluarkan.

#Hindari Kolesterol

Saat anda sembelit, sebaiknya hindarilah makanan yang mengandung kolesterol atau makanan yang mengandung lemak jenuh. Misalnya, hindarilah makan gorengan, junk food, dan makanan sejenis lainnya. Mengapa? Karena makanan ini tidak dapat sembelit anda menjauh, tetapi malah akan membuat sembelit anda semakin parah.

#Olahraga

Olahraga dapat membuat tubuh kita menjadi bugar, maka jangan segan-segan untuk berolahraga. Selain itu olahraga dapat mengatasi masalah sembelit pada lambung anda. Karena dengan berolahraga aliran darah dan daya kerja tubuh akan semakin lancar dan ini dapat memperlancar pengeluaran kotoran dalam usus anda.


Sekian ulasan mengenai Cara Ampuh Mengatasi Sembelit Pada Wanita dan Pria yang bisa kami sampaikan. Semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.

SUKA ARTIKEL INI? YUK BAGIKAN!

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

Tidak ada komentar :

Leave a Reply

Scroll to top