Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Wanita dan Pria

herbaloka - Sembelit adalah kondisi dimana seseorang susah untuk BAB. Nah, agar anda bisa menangani masalah sembelit sedini mungkin, anda harus tahu apasaja gejala sembelit. Gejala sembelit diantaranya sulit buang air besar, buang air besar lebih sedikit dari 3 kali dalam seminggu, perasaan terjadi penyumabatan pada dubur, perasaan tidak selesai setelah buang air besar, dan lain sebagainya. 

Sembelit bisa terjadi pada siapapun hal ini disebabkan karena beberapa faktor diantaranya yaitu kekurangan cairan, kekuranag serat pada makanan, kurangnya aktivitas fisik dan lain sebagainya.

Ada beberapa cara alami untuk mengatasi masalah sembelit tapa anda harus pergi ke dokter. Berikut kami akan memberikan 4 cara alami atasi masalah sembelit.



1. Perbanyak minum air putih

Salah satu penyebab sembelit adalah karena kekurangan cairan atau dehitrasi. Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah sembelit salah satunya yaitu dengan memperbanyak minum air. Air mampu membantu proses pencernaan, dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Disarankan bagi kita untuk minum air minimal 8 gelas dalam sehari.

2. Gerakan tubuh

Usahakan setelah makan anda bergerak selama 10 menit, anda jangan bermalas-malasan setelah makan. Dengan banyak gerak setelah makan, akan membuat usus semakin sehat. Dengan demikian pencernaan akan sehat, buang air besarpun akan lancar.

3. Perbanyak makan buah dan sayuran

Tubuh yang kekurang serat merupakan penyebab utama tubuh mengalami sembelit. Untuk mengatasi ini tentu anda harus memenuhi kebutuhan serat anda dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

4. Minum kopi

Mungkin banyak yang bertanya, apa hubungannya kopi dengan sembelit. Tentu ada hubungannya, kafein dalam kopi dapat menstimulasi otot-otot pencernaan untuk bekerja lebih cepat. Walaupun demikian, anda juga tidak dianjurkan untuk terlalu sering mengkonsumsi kopi. Anda juga bisa mengganntinya dengan jus kismis yang kaya akan serat untuk memperlancar buang air besar.


Sekian ulasan mengenai Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Wanita dan Pria yang bisa kami sampaikan. Semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.

SUKA ARTIKEL INI? YUK BAGIKAN!

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

Tidak ada komentar :

Leave a Reply

Scroll to top