Apa Penyebab Utama Sembelit?

herbalokaApa yang penyebab sembelit? Pertanyaan ini seringkali ada di pikiram kita yang mendadak merasakan susah BAB. Ya, banyak faktor yang akan menjadikan BAB pada diri anda. Nah untuk itu kami rasa perlu untuk berbagi informasi kepada anda.


Berikut adalah Apa yang penyebab sembelit?
Seperti yang sudah saya sampaikan diatas. Sembelit terjadi karena usus menyerap terlalu banyak. Hal-hal ini yang menyebabkan sembelit terjadi:
Kurangnya mengkonsumsi makanan berserat
Orang yang mengkonsumsi makan berserat yang cukup, akan kecil sekali terkena sembelit. Jika anda adalah termasuk orang yang sering mengkonsumsi makanan rendah serat dan juga senang mengkonsumsi makanan berlemak seperti keju, daging dan telur.
Ada baiknya saat ini anda memulai untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Hal ini adalah salah satu cara mengatasi sembelit yang baik.
Tidak Aktif dan Jarang Melakukan Olah Raga
Orang yang jarang melakukan aktivitas mudah sekali terkena sembelit. Hal ini terjadi terutama pada orang yang sudah tua. Penelitian juga menunjukan ketika berbaring di tempat tidur dalam beberapa minggu. Resiko terkena sembelit menjadi sangat tinggi.
Hal ini terjadi karena ketika aktif secara fisik, metabolisme di dalam tubuh kita juga menjadi tinggi dan membuat organ di dalam tubuh kita bekerja lebih cepat. Kesimpulannya adalah orang yang aktif secara fisik sangat kecil terkena sembelit.
Beberapa Obat Yang Menyebabkan Sembelit
Banyak orang yang belum mengetahui bahwa ada beberapa obat yang dapat menyebabkan sembelit. Contoh obat yang menyebabkan sembelit adalah sebagai berikut:
  • Narkotika, obat nyeri seperti codein, oxycodone, dan hydromorphone.
  • Antidepresan. Seperti amitriptyline dan imipramine.
  • Antikonvulsan seperti fenitoin dan carbamazepine (Suplemen zat besi)
  • Obat yang memblokir kalsium, seperti diltiazem (Cardizem) dan nifedipine (Procardia).
Kurangnya berolahraga

Ya, tanpa anda sadari. Ternyata olahraga bisa mempengaruhi kesehatan pencernaan hingga melancarkan BAB. Untuk itu cukupilah pola makan dengan rutin berolahraga.

Kehamilan
Kehamilan membawa perubahan hormonal yang dapat membuat wanita lebih rentan terhadap sembelit. Selain itu, rahim dapat menekan usus, memperlambat lewatnya makanan.
Penuaan
Seiring dengan bertambahnya usia, metabolisme kita juga akan melambat. Sehingga aktivitas usus akan menurun. Otot-otot di saluran pencernaan juga tidak bekerja seperti dulu.
Terlalu sering menggunakan obat pencahar

Banyak orang berfikir kita harus buang air besar setidaknya sehari sekali. Sesungguhnya hal itu adalah mitos. Beberapa orang masih mempercayai mitos tersebut dan sering mengkonsumsi obat pencahar sebagai salah satu cara mengatasi sembelit.

Pada akhirnya obat ini akan membentuk kebiasaan. Anda tidak bisa buang air besar ketika sudah tidak mengkonsumsinya. Masalah akan timbul ketika kita sudah tidak menggunakan obat tersebut.
Kita tidak bisa buang air besar tanpa obat tersebut dan resiko terkena sembelit juga akan tinggi.


Tidak minum cukup air
Para ahli berpendapat bahwa jika kita sudah mengalami sembelit. Mengkonsumsi lebih banyak air tidak akan meringankan sembelit. Namun, jika kita minum banyak air secara teratur akan mengurangi resiko terkena sembelit.
Banyak meminum air bersoda dan minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan dehidrasi. Pada akhirnya akan memperburuk sembelit. Alkohol juga akan mengakibatkan dehidrasi pada tubuh dan harus dihindari jika anda sedang terkena sembelit.
Sekian ulasan mengenai Apa yang penyebab sembelit? yang bisa kami sampaikan semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.

SUKA ARTIKEL INI? YUK BAGIKAN!

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

Tidak ada komentar :

Leave a Reply

Scroll to top